Wednesday, July 27, 2011

LAGU AMBULAN





Qonita alias si Eneng anakku sangat suka menyanyi, dan dia punya daya ingat yang luar biasa untuk anak seumuran dia dalam menghapal lirik lagu. Itu menurut aku sih, aku gak tau pasti daya ingat semacam itu normal untuk anak seumuran dia atau memang benar-benar luar biasa. Yang pasti dia bisa mengikuti lagu-lagu Indonesia terbaru yang aku sendiri bahkan gak tau kalo lagu itu ada. Lagu anak-anak yang diajarkan aku dan neneknya pun cepat dihapalnya.

Suatu malam, menjelang tidur, seperti biasa aku menyanyikan beberapa lagu sebagai pengantar tidur. Aku sempat menyanyikan lagu “Ambilkan bulan, Bu”. Lagu ini sepertinya masih baru buat si Eneng. Setelah aku menyanyikan lagu itu, aku menyanyikan beberapa lagu lain yang dia sudah hapal. Tetapi tiba-tiba dia merengek “Bunda, lagu ambulan”. Heh? Lagu apa itu ya? Aku bingung. Aku coba alihkan perhatiannya. Aku tawarkan lagu lain. “Balonku ya? Atau Bintang Kecil?”. Tanpa persetujuannya, aku langsung bernyanyi “Balonku”, dan dia ngambek “Aah, gak mau! Lagu ambulan!” Waduh, makin bingung deh. AKhirnya aku bilang “Bunda nggak tau Nak lagu itu. Emang yang kaya gimana sih?” Dia pun bernyanyi pelan dengan pelafalan yang belum terlalu jelas “Ambilkan bulan, Bu...”. Oalaaah, gubraks!

Ditulis 20 Agustus 2010

No comments: